LP 11 Okt 2015

Latar Belakang

Penelitian merupakan salah satu faktor penentu pengembangan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni [IPTEKS]. Karena itu  kemajuan peradapan suatu bangsa tidak terlepas  dari peran penelitian. Tak bisa dipungkuri bahwa negara-negara maju di dunia dewasa ini merupakan  negara-negara yang unggul di dalam penelitian, baik penelitian dasar maupun penelitian rekayasa. Jepang dan Skandinavia misalnya adalah dua negara maju yang memiliki sumber daya alam relatif sedikit/miskin, tetapi  merupakan negara berkehidupan paling makmur dengan pendapatan perkapita tinggi di dunia. Kemakmuran ini tecapai karena kemajuan IPTEKS yangmereka kembangkan berdasarkan hasil penelitian. Sebaliknya, Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam, namun karena rendahnya pengembangan IPTEKS berdasarkan penelitian menyebabkan Indonesia masuk  dalam kelompoknegara miskin di dunia.

Menyadarimaknapentingpenelitianbagikemajuandan kemakmuran suatu Negara,maka pemerintah maupun swasta  harus mengambil peran dalam aktifitas ini. Salah satu lembaga  yang mempunyai tugas untuk melaksanakan penelitian adalah perguruan tinggi.Bagi perguruan tinggi, penelitianmerupakanwujudpelaksanaan tri dharma yang harus dilakukan oleh segenap tenaga pendidik baik secara mandiri maupun berkelompok. Universitas Islam Riau sebagai perguruan tinggi jugabertugasmengembangkan IPTEKS berdasarkanpenelitian.Pelaksanaanpenelitian di UIR dikoordinirdandilaksanakanserta dinaungi olehlembagapenelitian.

Lembaga Penelitian Universitas Islam Riau (Lemlit UIR) merupakan unsurpelaksana akademik di tingkatUniversitas dalam bidang penelitian yang bertugas mengkoordinasikan,  memantau, membina, mengembangkan dan mengelola kegiatan bidang penelitian. Kegiatan penelitian para tenaga pendidik baik yang dilakukan secara mandiri maupun kerjasama dengan pihak luar UIR di koordinasikan melalui lemlit UIR.

Untuk mendapatkan deskripsi  lemlit UIR, maka disusun profil lembaga dengan maksud untuk memberikan informasi keberadaan Lemlit UIR secara ringkas dan padat sehingga stakeholder dapat mengetahui dan mempergunakan untuk tujuan penelitian dan kerjasama.

[ ]