LP 10 Okt 2015

17 OKTOBER, UIR AKAN WISUDA 1.673 LULUSAN

Pekanbaru, (Oktober 2015) - Bila tak ada aral melintang, Universitas Islam Riau (UIR) kembali akan melakukan wisuda periode tiga tahun 2015 terhadap 1.673 lulusan diploma, sarjana, dan pasca sarjana. Kegiatan pengukuhan wisuda ini akan di pusatkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Voli UIR pada tanggal 17 Oktober mendatang.

 

Dari 1,673 wisudawan tersebut, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan fakultas yang paling banyak melahirkan lulusan periode tiga ini, yakni sebanyak 753 lulusan, disusul Fakultas Ekonomi 247 lulusan, Fakultas Ilmu Social dan Politik 172 lulusan, Fakultas Teknik 131 lulusan, Fakultas Hukum 88 lulusan, Fakultas Psikologi 60 lulusan, Fakultas pertanian 56 lulusan, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) 45 lulusan, dan Fakultas Agama Islam (PAI) sebanyak 19 lulusan, sedangkan untuk Sekolah Pasca Sarjana wisuda periode tiga ini melahirkan 102 lulusan.

 

"FKIP masih menjadi fakultas yang paling banyak melahirkan lulusan. Namun ada beberapa fakultas jumlah wisuda sarjanya periode ini meningkat drastis, seperti Fikom wisuda periode tiga ini mencapai 43 orang, sebelumnya hanya 4 orang," kata Wakil Rektor 1 UIR, Dr. Nurman, S.Sos., M.Si, Jumat (9/10) kemarin.

 

Untuk wisuda periode tiga tahun 2015 ini, lulusan yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,70 keatas adalah sebanyak 52 orang. Sebagai pemuncak wisudawan adalah atas nama Suhaimi Saputra dari Program Studi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,94.
Terhadap mereka yang memiliki IPK diatas 3.70 ini, pihak rektorat memberikan penghargaan sertifikat dan pelatihan dan bimbingan khusus "Stretagi menghadapi tes dan psikotest" yang diberikan oleh Pusat Konseling dan Kajian Sumberdaya Manusia (PK2SDM) UIR. Tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan tanggal 16 Oktober nanti ini adalah untuk mempersiapkan lulusan UIR menghadapi dunia kerja.

 

Dengan wisuda periode tiga ini, maka jumlah alumni UIR sudah mencapai 41.075 alumni. Terdiri dari 1.899 alumni Diploma Tiga (D3), 37.202 alumni sarja dan 1.974 alumni pasca sarja.

 

"Kita bersyukur alumni kita saat ini sudah tersebar dan berkerja di banyak instansi pemerintah dan swasta, maupun jadi pengusaha. Bahkan banyak juga yang menduduki posisi-posisi penting di pemerintahan, seperti kepala daerah," kata Nurman.

Nurman mengharapkan, alumni-alumni dapat menjaga nama baik UIR dan mengajak terutama lulusan yang akan diwisuda nantinya memiliki karakter Cerdas, Empati, Religius, Ikhlas dan Amanah. Karakter-karakter ini diharapkan bisa dipertahankan serta dikembangkan oleh alumni UIR, sehingga apa yang diharapkan oleh orangtua, masyarakat dan pemerintah bisa mereka capai.

 

"Kami berharap para wisudawan dapat terus berkarya, memperdalam dan mempertajam ilmu pengetahuan serta keahlian yang telah diperoleh selama di bangku kuliah. Jadilah generasi yang berkualitas dan memiliki daya saing dalam merebut peluang-peluang kerja ataupun membuka lapangan kerja sendiri," tandasnya.

 

Bersempena dengan kegiatan wisuda periode tiga ini, Nurman menyampaikan kabar gembira bagi mahasiswa dan masyarakat. Baru-baru ini, empat program studi di lingkungan UIR mendapat predikat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). program studi tersebut, yakni Program studi Teknik Perminyakan, Program studi Teknik Mesin, Program Studi Bahasa Inggris, dan Program Studi Administrasi Publik.

 

Saat ini, seluruh program studi jenjang pendidikan Diploma, sarja dan pasca sarjana sudak terakreditasi BAN-PT. Bahkan 80 persen peringkat akreditasi tersebut sudah A dan B.

 

"Peringkat akreditasi ini merupakan kebanggaan bagi kita dan masyarakat. Karena ini menunjukkan UIR memiliki kualitas pendidikan yang unggul dengan dibuktikan peringkat akreditasi yang tinggi. Peringkat akreditasi ini menunjukkan UIR memenuhi standar pendidikan yang ditetapkan pemerintah," jelas Nurman.

[ Admin LP ]